INFORMASI DAN PEMESANAN HUBUNGI (CALL/SMS) 087712589464

Sabtu, 05 Januari 2013

KISAH NYATA


Kisah nyata berikut ini dikirim oleh drh. Muhammad Fadhlullah Mursalim kepada kami melalui e-mail. Beliau adalah Kepala Produksi sebuah perusahaan kemitraan ayam broiler di Makassar, Sulawesi Selatan.


Bu Fatimah seorang peternak ayam broiler di salah satu perusahaan kemitraan di Desa Prasejarah Leang-leang, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan sering mengeluh mengenai pendapatan yang sedikit setelah panen. Selama 3 periode chick-in hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan harapan Bu Fatimah. Bahkan sempat dia cuma mendapatkan uang kompensasi. Telusur demi telusur saya sebagai dokter hewan yang bertugas sebagai Kepala Produksi menginvestigasi masalah yang merupakan penyebab pendapatan yang tidak sesuai dengan harapan Bu Fatimah. Ternyata hasil investigasinya lagi-lagi masalah klasik dari pemeliharaan ayam broiler yaitu masalah manajemen pemeliharaan. Peternakan Bu Fatimah selalu terkendala bau amonia dari sekam dan adanya genangan air yang bercampur kotoran di bawah kandang. Saya sebagai dokter hewan lapangan menjunjung tinggi prinsip ‘lebih baik mencegah daripada mengobati’.

Setelah itu saya menganjurkan untuk mencoba produk Protexol untuk mengatasi masalah manajemen yang dihadapi Bu Fatimah. Pada periode chick-in selanjutnya Bu Fatimah mulai menggunakan  Protexol yang saya anjurkan dengan dosis 3 gelas air mineral ukuran 220 ml untuk alat semprot pertanian kapasitas 15 liter yang dicampurkan dengan air dan setengah gelas air mineral untuk spray ukuran kecil. Setelah beberapa kali aplikasi saya kontrol perkembangan dan pertumbuhan ayam Bu Fatimah lebih bagus dari periode-periode sebelumnya. Bau amonia yang biasa tercium di luar kandang Bu Fatimah yang bisa dirasakan dari jalan samping kandangnya sekarang tidak tercium lagi. Pasca panen Bu Fatimah mendapatkan hasil sesuai harapannya bahkan lebih. Terima kasih Protexol.

Mengobati ayam yang luka

Bagaimana caranya mengobati ayam yang terluka?
Itulah pertanyaan dari pelangan kami tadi sore, ayam kampung milik bapak saifudin dari makasar luka bagian kepala akibat di serang ayam lain. Untuk mengobatinya kita bisa menggunakan daun sirih.

Manfaat daun sirih untuk ayam kampung memang sudah banyak peternak yang tahu. Seperti bahan herbal lain bahwasanya daun sirih merupakan tanaman obat yang mujarab bagi hewan. Tidak hanya untuk ayam kampung manusia saja menggunakan daun sirih sebagai pengobatan.  Biasanya untuk Mengobati Luka/pendarahan Biasanya digunakan pada ayam yang terkena masalah akibat kanibalisme, bertarung, maupun akibat luka masalah perkandangan. Contoh setelah ayam dipatuk (cocok juga diberikan saat ayam setelah diadu biasanya mata ayam sedikit kering dan berdarah) Dengan memberikan air daun sirih ini mata ayam kembali cerah dan bening.

 Demikian info dari saya, semoga bermanfaat bagi para peternak lainnya.

Rabu, 02 Januari 2013

Membunuh Lalat Ketika Populasi Lalat Bertambah di Musim Hujan



Musim penghujan yang terus mengguyur setiap hari dari pagi sampai malam hari membuat cemas, karena dengan mulai datangnya musim hujan ini menyebakan beberapa peternak di wilayah – wilayah tertentu merugi karena banyaknya ternak yang sakit karena efek cuaca yang extream ini. Selain itu musim hujan menyebabkan menyebarnya penyakit seperti DBD, diare dan lain-lain pada manusia.

Salah satu faktor penyebab penyebaran penyakit ternak dan peternak dimusim hujan ini adalah populasi serangga yang meningkat. Dari sekian banyak serangga, lalat merupakan salah satu serangga yang mengganggu dan sebagai salah satu serangga penyebar penyakit. Lalat adalah media berbagai kuman penyakit dikarenakan lalat memakan seperti bangkai, kotoran manusia dan hewan, sampah dan sebagainya, bahkan larva lalat juga bisa membuat penyakit pada ternak kita.

Perkembangbiakan lalat sangat cepat apabila dibanding pada musim kemarau, hal ini dipicu oleh sampah yang membusuk serta bau yang tak sedap akibat tergenang air hujan.Sampah yang membusuk disekililing rumah atau kandang kita, kotoran ternak yang baunya sangat menyengat karena air hujan menjadi pemicu banyak lalat hinggap dirumah atau kandang ternak kita.
Melihat lalat berterbangan di kandang ternak, dapur atau ruang makan, jelas bukan pemandangan yang menyenangkan.

Apa ya ng harus dilakukan ketika lalat mulai menyerbu kandang ternak dan rumah kita? Tentu saja yang utama adalah menjaga kebersihan kandang ternak dan sekeliling rumah. Selain itu gunakan racun lalat alami yang aman bagi ternak dan manusia, sehingga lalat yang berterbangan bisa berkurang. Toxilat,top killer dan ralat merupakan solusi dalam mengatasi lalat penggangu.

Sedangkan larva lalat yang mungkin juga dapat merugikan bisa di atasi dengan proteksol.
Semoga bermanfaat

Selasa, 01 Januari 2013

Energy Drink Untuk Unggas

VITERPAN

Merupakan kombinasi yang ideal antara probiotik dan herbal pilihan yang telah terfermentasi sempurna dan higienis untuk memacu produksi, baik untuk ayam pedaging, ayam petelur dan unggas yang lain. Baik probiotik maupun herbal yang ada berfungsi saling melengkapi sehingga menghasilkan performan unggas yang istimewa.


MANFAAT
Menurunkan FCR (Feed Convertion Ratio) karena bakteri pilihan yang ada padaVITERPAN energy drink mampu mengurai hampir semua partikel yang dalam pakan unggas, sehingga hampir semua protein, karbohidrat, lemak dapat diserap oleh tubuh, dan adanya Lactobacilus pilihan yang ada mampu membantu absorbsi mineral dan vitamin, sehingga bahan makanan terserap maksimal dan sisa pakan yang terbuang sebagai kotoran semakin sedikit dan kotoran tidak berbau. Karena FCR turun maka performan ayam makin naik, mortalitas/kematian makin kecil dan dapat meningkatkan masa presistensi (masa bertelur makin lama) sehingga waktu afkir bisa ditunda. Karena performan naik, FCR turun maka produksi ayam pedaging makin tinggi, atau berat yang sama ditempuh dalam umur lebih pendek atau umur yang sama tapi hasil lebih tinggi. Kinerja dari mixmikroba yang ada juga mampu membantu meningkatkan daya cerna (TDN = Total Digestible Nutrient) dengan bantuan enzym-enzym yang dihasilkannya (Amylolitic, Proteolitic dan Lipolitic).Saccharomyces cereviceae yang ada mampu mereduksi amonia dan H2S sehingga bau busuk kotoran semakin berkurang.


KOMPOSISI
Tiap ml mengandung :
• Herbal pilihan _________ ± 8%
• Total sugar ____________ ± 3%
• Total cell (Lactobacilus acidophylus, L. plantarum, L. sulivarius,
• Biffidobacterium logum, B. bifidum (LAB Bakteria) & Saccharomyces
• cereviceae, dll) _______ ± 5,6 x 107 CFU/cc
Volume: 600 ml/ botol (1 dos isi 15 botol)
Volume Tutup ± 10 ml


CARA PENGGUNAAN
1. Campuran pakan :
Untuk ayam, bebek, angsa dll:
Campurkan 0,5 – 1 kg pakan, atau 1 tutup dicampur dengan sedikit air bersih secukupnya aduk dan campurkan ke dalam 10-20 kg pakan berikan tiap hari.
Untuk puyuh, merpati dll (unggas kecil)
Campurkan 0,25 – 0,5 ml tiap kg pakan, atau satu tutup dicampur dengan sedikit air bersih secukupnya aduk dan campurkan ke dalam 20 – 40 kg pakan berikan tiap hari


2. Campuran minum
Untuk ayam, bebek, angsa dll : 0,5 – 1 ml/liter air minum.
Untuk puyuh, merpati dll, campurkan 0,25 – 0,5 ml/liter air minum.
Simpan ditempat yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari langsung.
pemesanan lihat di http://panjilarasputraunggas.blogspot.com/p/pemesanan.html

Senin, 31 Desember 2012

Mengatasi bau kotoran pada kandang

Pertama-tama saya ucapkan selamat tahun baru 2013, semoga di tahun yang baru ini menjadi titik awal kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya. Amin 

Oke kawan, kali ini saya akan membahas cara mengatasi bau kotoran pada kandang ternak kita. Bau amoniak pada kandang sering kita keluhkan karena sangat menggangu sekali pada lingkungan kita. Apa lagi kandang broiler atau bebek, yang bau kotorannya sangat menyengat.

Panji laras putra unggas memiliki produk yang bisa mengurangi bau amoniak, proteksol Diproses dari bahan murni organik dengan kandungan bioflavonoid dan polyphenol yang tinggi terbukti secara ilmiah maupun empirik untuk menekan bau amonia (dan bau dari limbah organik lainnya) secara efektif, cepat dan aman. Efisiensi dicapai dengan kepekatan pencampuran ke dalam air yaitu 2%-4% PROTEXOL saja. Satu kali penyemprotan larutan PROTEXOL terbukti mampu mengurangi bau amonia kotoran ayam sampai 90% selama 5-6 hari.

Sekarang Protexol diperkaya dengan formula Anti Larva Lalat.

Dianjurkan tangki dari logam segera dicuci bersih setelah dipakai menyemprotkan larutan Protexol untuk menghindari korosi (karat).

Cara pemakaianya proteksol yang sudah tercampur air dengan kepekaan 2-4% tadi cukup di semprotkan pada kotoran dan kandang ternak yang bau.
Semoga bermanfaat.
Terima kasih atas kunjungan dan kepercayaan saudara, silahkan kembali lagi di lain kesempatan